January 1, 2021

FUNDAMENTAL SEO : Apa Itu SEO dan Konsep Dasar SEO

BAGIAN 1

FUNDAMENTAL SEO : Apa Itu SEO dan Konsep Dasar SEO

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

SEO adalah serangkaian strategi yang dilakukan oleh pemilik / praktisi website yang bertujuan untuk mendapatkan traffic / pengunjung gratis (TANPA IKLAN) dari mesin pencari seperti Google.

Bagaimana cara mendapatkan traffic / pengunjung tersebut? Caranya Anda harus berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google / Bing.

Semakin tinggi rankingnya, maka potensi mendapatkan pengunjung gratis semakin tinggi pula.

 

Konsep Dasar SEO

Mesin pencari seperti Google dan lainnya adalah sebuah produk. Mereka ingin orang lain puas dengan informasi yang disuguhkan mesin pencari.

Pengunjung pun ingin mendapatkan informasi sesuai yang dia butuhkan, oleh karenanya semakin lengkap, semakin berkualitas dan relevan website Anda, maka peluang website Anda berada di halaman 1 dan dikunjungi banyak user pun semakin besar.

 

TANAMKANLAH MINDSET BAHWA :

Jika user senang dengan website Anda, maka Google akan memberikan hadiah berupa peringkat halaman 1 untuk website Anda. Jadi utamakanlah kepuasan user terlebih dahulu.

BAGIAN 2

Mengapa Harus Menggunakan SEO?

Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih. Dan kini terdapat istilah “Dunia Dalam Genggaman”

Anda bisa mendapatkan informasi di seluruh dunia hanya bermodalkan smartphone / laptop.
Termasuk didalamnya informasi mengenai bisnis Anda.

 

Fakta : Semenjak terciptanya mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Kini, hampir semua orang memanfaatkan teknologi tersebut untuk mencari informasi yang tak terbatas.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari “Reliable Soft”, Google menduduki peringkat pertama mesin pencari popular di dunia.

Fakta Google

Artinya apa? Saat ini 87,35% orang di seluruh dunia (termasuk Indonesia) menggunakan Google untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

 

Artinya, jika Anda berhasil berada di peringkat pertama Google, maka peluang mendapatkan pengunjung bahkan konversi / penjualan dari website Anda pun semakin tinggi.
Itulah pentingnya SEO.

 

Jika Anda memiliki website yang bisa dijadikan sebagai mesin penjualan online melalui SEO, maka Anda bisa memasarkan bisnis Anda selama 24 jam non stop setiap harinya dengan bantuan Google.

BAGIAN 3
Alasan Mengapa Harus Menggunakan SEO

Alasan Penting Lainnya Mengapa Harus Menggunakan SEO adalah :

 

1. Konsumen Cenderung Mencari Informasi Melalui Internet

Sebelum konsumen membeli sebuah produk, biasanya mereka mencari informasi atau review produk terlebih dahulu melalui internet.

 

2. Pelanggan Yang Cari Anda, Bukan Sebaliknya

Melalui SEO, konsumen bisa menemukan bisnis Anda.

 

3. Investasi Murah Tapi Efektif

Jika dibandingkan dengan iklan, SEO merupakan investasi yang murah namun efektif.

Dengan SEO, Anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget apabila prosesnya benar.

 

4. Website menjadi Terurus dan Semakin Berkembang

Google menyukai website yang suka update. Dengan mengoptimasi SEO, maka secara tidak langsung website Anda menjadi terurus dan semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

 

5. Hemat Waktu

Dengan menggunakan SEO, Anda bisa menghemat waktu untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada orang lain. Dengan dikenalnya bisnis Anda melalui internet, maka Anda bisa mengehemat lebih banyak waktu untuk mendapatkan konsumen potensial jika dibandingkan dengan promosi melalui kegiatan offline.

 

6. Mesin Pencari Memiliki Pangsar Pasar Yang Banyak

Di Indonesia, pengguna internet setiap tahun semakin bertambah.

Pengguna internet di Indonesia tahun 2017 adalah sekitar 84jt pengguna

Pengguna internet tahun 2018 berkisar 95,2 jt. (Dikutip dari katadata.co.id)

Yang artinya pengguna internet tumbuh sekitar 13,3% di Indonesia.

Pengguna internet semakin banyak = potensi pangsa pasar pun semakin berkembang banyak pula.

 

7. Kompetitor Anda Menggunakan SEO

Jika competitor Anda sudah melakukan digital marketing. Mereka pun telah melakukan optimasi SEO.

Jangan sampai ketinggalan jauh, mumpun persaingan dengan competitor belum terlalu ketat, maka Anda bisa masuk ke pasar online lebih duluan disbanding yang lain.

 

BAGIAN 4

Kapan Harus Menggunakan SEO?

Jika Anda adalah blogger, maka pastinya Anda membutuhkan SEO saat itu juga.

Jika Anda adalah seorang pebisnis dan ingin meningkatkan eksistensi bisnis Anda di dunia online, maka saat itulah SEO dibutuhkan.

BAGIAN 5

Siapa Saja Yang Harus Menggunakan SEO?

  1. Blogger : Tentu saja kalian harus menggunakan SEO untuk optimasi website Anda.
  2. Affiliate : Jika Anda seorang Affiliate dan mencari user melalui search engine, maka SEO adalah salah satu solusinya.
  3. Pemilik Bisnis : Jika bisnis Anda ingin dikunjungi user melalui mesin pencari seperti Google selama 24 jam setiap hari, dan ingin meningkatkan omset bahkan profit bisnis Anda, maka Anda harus menggunakan SEO.
BAGIAN 6

Berbagai Macam Aliran SEO di Indonesia

Setelah berkutat di dunia website dan SEO selama lebih dari 7 Tahun (terhitung sejak tahun 2014). Kami menyimpulkan bahwa di seluruh dunia termasuk Indonesia memiliki 3 aliran SEO. Yakni :

  1. Aliran SEO garis lurus (Teknik White Hat SEO),
  2. Aliran SEO garis bengkok (Teknik Grey Hat SEO) dan
  3. aliran SEO garis sesat (Teknik Blackhat SEO).

Aliran SEO adalah Teknik yang digunakan saat mengoptimasi sebuah website. Adapun penjabaran aliran SEO di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Aliran SEO Garis Lurus (Teknik White Hat SEO)

Pendekatan SEO : Menggunakan Teknik yang diridhai Google dan mesin pencari lainnya. Mengikuti aturan yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Ciri : Mengutamakan Kualitas

Teknik : Dilakukan semuanya serba manual

Tingkat Kesulitan : SANGAT SULIT (Waktu, Proses dan Hasil membutuhkan waktu yang lama)

Investasi Yang Dikeluarkan : MAHAL

Jumlah Praktisi Berdasarkan Pengamatan : SANGAT SEDIKIT, berkisar paling banyak 1-10% saja
Hasil Website : Hasil AWET, STABIL dan dapat dijadikan asset investasi jangka Panjang.


2. Aliran SEO Garis Bengkok (Teknik Grey Hat SEO)

Pendekatan SEO : Menggunakan Teknik ABU-ABU. Dalam artian Teknik ini antara diridhai dan tidak diridhai Google. Kadang nurut dengan aturan, kadang mendobrak aturan mesin pencari

Ciri : Masih mengutamakan kualitas, tapi terkadang mengutama kuantitas juga. Prioritas bisa menekan biaya investasi jika dibanding SEO Garis Lurus.

Teknik : Perpaduan antara manual dan menggunakan Teknik “KHUSUS”

Tingkat Kesulitan : Pemula – Expert

Investasi Yang Dikeluarkan : Tergantung proporsi yang digunakan. Bisa murah, sedang atau mahal.

Jumlah Praktisi Berdasarkan Pengamatan : PALING BANYAK DISINI, sekitar 40-70%

Hasil Website : Tergantung Praktisi. Jika bermain cantik, maka hasil akan sangat menguntungkan, awet dan stabil. Bisa pula dijadikan investasi jangka panjang


3. Aliran SEO Garis Sesat (Teknik Black Hat SEO)

Pendekatan SEO : Hampir semua yang dilakukan mendobrak aturan dari Google. Makanya mereka bermain KUANTITAS. Prinsip yang dianut : Jika tidak bisa menang kualitas, maka menanglah kuantitas.

Ciri : Punya website yang sangat banyak, jika tumbang maka buat lagi. Perlakuan SET & Forget.

Teknik : Semua ingin serba otomati, serba praktis dan serba banyak

Tingkat Kesulitan : Pemula – Expert

Investasi Yang Dikeluarkan : SANGAT RENDAH jika disbanding 2 aliran di atas.

Jumlah Praktisi Berdasarkan Pengamatan : Berkisar 1-20%

Hasil Website : Kualitas RENDAH. Website tumbang langsung buat yang baru. KUANTITAS ADALAH KUNCINYA


 

FAKTA MENARIK #1 :

Banyak praktisi SEO (penilaian subjektif tim Pendekar Digital), mereka mengatakan semua Teknik yang digunakan adalah Teknik SEO GARIS LURUS / White Hat SEO.

Namun kenyataannya, mereka adalah penganut SEO Garis Bengkok juga hehe.

Dikarenakan mereka masih menggunakan “TEKNIK KHUSUS” yang mendobrak aturan dari Google.

 

FAKTA MENARIK #2 :

Setiap praktisi SEO punya kacamata / perspektif tersendiri mengenai aliran SEO mereka.

Salah satunya adalah “Teknik khusus” dalam pembuatan backlink dan pembuatan artikel.

Ada praktisi yang mengatakan bahwa jika backlink yang dibuat sendiri adalah teknik black hat (Garis Sesat)

Ada pula yang mengatakan asal dibuat natural, itu white hat.

Dll.

 

Jadi tergantung Anda belajar dengan siapa, dengan praktisi yang menggunakan teknik seperti apa?

Jika tekniknya “WORKS dan AWET” maka Anda bisa ikuti. 

Nanti akan kami jabarkan prakteknya aliran SEO tersebut pada pembahasan link building dan artikel.

 

INGAT

Tiap orang memiliki perspektif berbeda dan berbicara mengenai SEO maka berbicara juga tentang jam terbang / pengalaman

 

BEDA ORANG = BEDA RASA.

Jangan Disamaratakan. Pilihlah ilmu yang sekiranya cocok dengan Anda, namun kami sarankan Anda harus memilih aliran SEO Garis Lurus, agar Anda paham mengenai seluk beluk SEO yang sesuai dengan aturan Google.

BAGIAN 7

WAJIB TAHU : Hal Penting di SEO

Oke sekarang pembahasan yang sangat penting. Hal yang sangat fundamental di SEO.

Ibarat : Jika Anda sedang posisi berperang dan ingin jadi juara, maka Anda harus tahu terlebih dahulu kemampuan Anda dan kemampuan musuh

Kenapa? Agar Anda bisa Menyusun strategi, dan menjalankan strategi yang lebih baik untuk jadi JAWARA.

 

Bagi kami, hal penting di SEO hanya ada 3. Jika Anda menguasai 3 hal ini, maka Anda bisa dengan mudah bersaing di mesin pencari. 

 

Adapun ketiga hal penting di SEO adalah : 

  1. On Page SEO 
  2. Mobile Friendly
  3. Off Page SEO (Pembuatan Backlink)

 

Hal penting di SEO hanya berkutat di UI & UX saja seperti yang telah disebutkan di atas (hanya :D hehe, padahal didalamnya banyak isinya). Berikut adalah penjabarannya :

1. ON Page SEO

On page SEO = Artinya segala hal yang kita optimasi didalam website kita sendiri (internal website kita sendiri).

Didalamnya terdapat : Tampilan dan kecepatan website, site architecture dan artikel / konten website

 

Tampilan dan Kecepatan Website

Tampilan dan Kecepatan website adalah satu kesatuan yang harus dipahami oleh web developer / web designer dan Anda sebagai blogger pun harus memperhatikan satu hal ini.

Tahukah Anda bahwa semua orang tidak suka website yang lemod. 

 

Rekomendasi :

  1. Buatlah website dengan kecepatan load kurang dari 3 detik.
  2. Buatlah website yang disukai oleh user. Jika website disukai user, maka Google pun akan suka dengan website Anda

Untuk informasi lebih lanjut mengenai on page SEO, 

Klik Disini untuk mendapatkan informasi : ON PAGE SEO

2. Mobile Friendly

Simpelnya, apakah website Anda sudah bisa diakses di Google atau belum? Jika sudah, maka selesai sudah tahapan ini

Jika belum, buatlah website Anda menjadi mobile friendly.

Anda bisa mengecek website Anda sudah mobile friendly atau belum dengan cara mengunjungi website : https://mobi.ready/

3. Off Page SEO (Pembuatan Backlink)

Off Page SEO = Hal yang kita lakukan diluar website kita sendiri.

Dalam kasus ini, off page SEO yang kita bahas adalah mengenai backlink.

 

(Meminjam istilah mas Vatih) Simpelnya backlink  adalah NUTRISI untuk website kita.

Atau

Backlink adalah support untuk website kita.

 

Ibarat sedang kejuaraan bela diri, “Atlet = Website” dan “Pelatih, penonton, sponsor, dll = Support Website Kita”

Nah si atlet akan menjadi JAWARA saat mendapatkan dorongan penuh dari pihak luar juga.

 

Coba Bandingkan :

Atlet yang tanpa support dengan atlet yang memiliki support.

Atlet tanpa support, meskipun mereka berlatih sekuat dan sekeras mungkin SENDIRIAN, hasilnya tidak akan maksimal. Ia tidak bisa mengembangkan ke posisi terbaiknya tanpa bantuan / support pihak luar.

 

Beda halnya dengan atlet yang di support

Atlet yang di support, Ia memiliki peralatan yang lengkap, memiliki pelatih yang handal ditambah Ia memiliki sponsor yang cukup untuk mengembangkan potensinya.

Hasilnya, atlet yang di support mereka akan memperoleh banyak prestasi jika dibandingkan atlet yang tidak disupport / didukung sama sekali oleh pihak luar.

 

Sama halnya seperti website

Jika website tidak memiliki dukungan dari luar, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Jika website berjalan sendiri tanpa di optimasi off page, maka Ia tidak bisa memperoleh hasil terbaik.

Oleh karenanya, dibutuhkanlah dukungan dari pihak luar juga.

 

Dukungan / Support Dalam Bentuk Apa?

Dukungan dan Support dalam bentuk Link.

Jadi ada website orang lain, yang membuat link dan mengarahkan link tersebut ke website kita sebagai referensi yang bagus. Itulah yang dimaksud backlink.

 

Nah untuk pembuatan backlink sendiri tentunya ada teknik dan strateginya tersendiri ya. Anda bisa menyimak informasinya pada laman link building disini

 

Baca : Link Building

BAGIAN 8
TAHAPAN SEO

Setelah Anda mengetahui Fundamental tentang SEO. Kini Anda harus mengetahui terlebih tahapan saat ingin menggunakan SEO.

 

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN :

Anda harus mengetahui terlebih dahulu, tujuan ingin menggunakan SEO untuk apa? Merawat website saja, mendapatkan penjualan, meningkatkan pengunjung, untuk branding atau lainnya.

Kenapa?

Karena, dengan Anda memahami tujuan Anda menggunakan SEO, maka Anda akan lebih menikmati prosesnya dan lebih focus dalam optimasi.

 

TAHAPAN SEO :

Tahapan SEO dibagi menjadi 2, yakni tahapan SEO sebelum memiliki website dan sesudah memiliki website. 

Adapun penjabaran tahapan optimasi SEO adalah sebagai berikut :

1. Apakah Sudah Ada Website?

Jika sudah memiliki website, maka Anda harus melakukan audit terlebih dahulu sebelum proses SEO dimulai.

Apa saja yang di audit?

3 Hal penting di SEO, mulai dari on page, mobile friendly atau belum? Dan dari sisi off pagenya.

Semuanya di audit, jika sudah memenuhi kriteria, maka Anda bisa melakukan optimasi SEO.

Jika belum memenuhi kriteria, Anda bisa membenahi website Anda terlebih dahulu. Jika tidak, maka proses SEO tidak bisa berjalan optimal.

Ingat factor on page? Nahh jika on page tidak optimal, maka website pun tidak bisa meraih prestasi yang maksimal pula. Atau bahkan tidak meranking sama sekali.

 

 

2. Apakah Belum Ada Website?

Jika belum, maka buatlah website sesuai dengan kaidah SEO.

Jika Anda ingin menggunakan jasa, maka carilah jasa buat website yang mengerti pula tentang SEO. Atau setidaknya antara developer dan praktisi SEO harus berdiskusi langsung mengenai pembuatan website kedepannya.

Ingat tentang kesalahan umum web developer / web designer? Terutama poin “Hanya membuat website yang asal jadi saja”

Dari sanalah pentingnya memilih web developer / web design yang mengerti tentang pembuatan website ideal seperti apa?

Jika ingin buat website, baca cara dan tips membuat website yang SEO friendly disini. (LINK)

Atau

Anda bisa menggunakan jasa Pendekar Digital untuk pembuatan website yang optimal.

Dengan menggunakan jasa Pendekar Digital, maka Anda sudah menghemat waktu untuk menjelaskan mengenai pembuatan website SEO friendly kepada developer webdev lain.

Karena Pendekar Digital sangat memahami dunia SEO dan pembuatan website yang ideal untuk keperluan bisnis jangka Panjang.

 

Kik Disini untuk melihat informasi : Jasa Pembuatan Website Pendekar Digital

BAGIAN 9

PRO TIPS dan STRATEGI SEO

Akhirnya kita masuk ke pembahasan terakhir di Fundamental SEO, yakni PRO TIPS & Strategi SEO

Sebelum masuk ke tips, Anda harus tahu terlebih dahulu kenapa orang banyak gagal Ketika optimasi SEO?

 

Alasan Kenapa Orang Gagal Optimasi SEO

  1. Tidak Sabar

SEO itu prosesnya Panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

Kebanyakan website yang di optimasi SEO mulai terlihat hasilnya sekitar 6-12 bulan pertama.

Banyak orang menginginkan hasil yang cepat dari SEO, namun setelah tahu prosesnya Panjang dan lama, akhirnya mereka mundur alon – alon.

Jadi jika Anda menilai SEO sebagai investasi = BENAR

Tapi, jika Anda menginginkan SEO yang hasilnya cepat, maka SEO bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda.

Jika Anda ingin hasil cepat, maka BERIKLAN adalah hal yang tepat.

Dengan beriklan, Anda akan melihat hasil dengan cepat pula.

Namun setelah budget iklan habis, maka pengunjung website Anda pun akan hilang sesuai jumlah saldo yang Anda iklankan.

 

Jika Anda menggunakan SEO, hasil tidak terlihat dengan cepat, namun yakinlah bahwa SEO akan menghasilkan juga pada waktunya.

 

  1. Menggunakan Teknik Yang Salah

Disini Anda harus mengingat Kembali aliran SEO di Indonesia. Dan dengan siapa Anda belajar.

Jika Anda mengharapkan SEO sebagai investasi jangka Panjang, namun Langkah yang Anda gunakan adalah SEO GARIS SESAT, maka perjalanan website Anda pun bisa berakhir dengan cepat.

Pelajarilah dari orang yang sudah praktek di bidangnya, siapapun itu. Baik dari Pendekar Digital maupun yang lainnya.

 

FAKTA :

Setiap orang memiliki kacamata / sudut pandang SEO yang berbeda. Jadi, carilah yang sesuai gayanya dengan Anda.

Atau Anda bisa mencoba trial error sendiri dari berbagai teknik yang telah Anda pelajari. Dan Anda ulang hasil yang berhasilnya.

Ingat, BEDA ORANG, BEDA RASA.

Jika Anda ingin menjadi praktisi SEO juga, maka Cobalah sendiri, praktekkan sendiri dan ulang hasil terbaik yang Anda dapatkan.

 

  1. MENDEWAKAN Bahwa Backlink Adalah Segalanya

Ini kesalahan umum yang ada di internet yang salah kaprah dipahami pemula.

Jika Anda berpikir bahwa backlink adalah segalanya, itu salah.

Karena pemahaman inilah, banyak orang yang membuat backlink sebanyak banyaknya. Dan itu SALAH.

Membuat backlink itu ada seninya, ada caranya, ada strategi dan tekniknya.

Anda bisa menemukan cara membuat backlink di laman berikut : LAMAN BACKLINK

 

  1. MENDEWAKAN Bahwa Artikel / Konten Adalah Segalanya

Ini pun umum terjadi oleh pemula. Atau bahkan yang sudah paham SEO pun mendewakan bahwa konten adalah segalanya.

Jika Anda membaca 3 hal penting di SEO (On Page, Mobile Friendly dan Off Page SEO), maka artikel adalah salah satu faktornya saja.

Dan artikel pun masih butuh perpaduan lain juga.

Jika Anda terlalu mendewakan backlink atau artikel adalah segalanya di SEO, maka itu kurang tepat.

Memang dalam SEO, kedua hal tersebut yang paling sering dibincangkan.

Jadi lebih baik kita gabungkan saja, dan jangan terlalu mendewakan kedua hal tersebut.

Konten adalah Raja

Backlink adalah Ratu

Hal teknis tentang website adalah istananya

Jadi kita padukan bahwa raja dan ratu pun membutuhkan istana untuk singgah sananya.

 

  1. Dll

 

Tips dan Strategi :

Jika Anda ingin serius ingin menggulati dunia SEO, berikut adalah pro tips dan strateginya :

  1. Pahamilah bahwa SEO membutuhkan waktu
  2. Pahamilah bahwa SEO adalah salah satu bentuk investasi jangka Panjang
  3. GUNAKAN RUMUS ATM (Amati Tiru Modifikasi).
    Maksudnya gimana?
    Cobalah Anda lihat pola website Authority, pola website dan kerangka website competitor Anda. Lihat artikelnya, topik yang dibahas, bentuk dan design webnya, arsitek websitenya seperti apa? Dll. Intinya gunakan rumus ATM di SEO juga.
  4. Baca ulang, atau baca Kembali ulasan mengenai fundamental SEO ini sampai paham.
  5. Pilihlah aliran SEO yang ingin Anda geluti.

 

BAGIAN 10

KESIMPULAN

  1. SEO adalah rangkaian strategi yang bertujuan untuk mendapatkan traffic gratis dari mesin pencari.

  2. Didalam SEO, terdapat 3 aliran. Aliran SEO garis lurus, aliran SEO garis bengkok dan aliran SEO garis sesat.
    Semua ada plus minusnya, bahkan SEO garis sesat pun bisa menghasilkan jika Anda tahu caranya.

  3. Pahamilah bahwa setiap praktisi memiliki sudut pandangnya masing-masing, karena jalan yang telah mereka tempuh berbeda-beda. Beda Orang = Beda Rasa

  4. SEO adalah investasi jangka Panjang, maka Anda bisa berinvestasi melalui SEO.

  5. Anda bisa meningkatkan penjualan, traffic, bahkan branding diri Anda sendiri dengan menggunakan teknik SEO. Entah apapun tujuan Anda, SEO bisa menjadi solusinya (jika digunakan dengan tepat).

  6. Pahamilah bahwa masih banyak informasi yang salah kaprah di internet, jangan terlalu mendewakan 1 teknik yang diajari seseorang hanya bermodal “KATANYA DENGAN TEKNIK INI”, jangan pakai “KATANYA”, tapi bicarakan dengan data dan fakta. Jadi solusi terbaik adalah PRAKTEK dan temukan teknik Anda sendiri.

  7. Ilmu SEO adalah ilmu yang itu itu saja, memang setiap waktu Google selalu update, namun intinya pada setiap update mereka adalah mementingkan kepuasan user. Jika pengguna puas = Google memberikan ranking terbaik untuk Anda.

 

Artikel ini akan senantiasa di update sesuai dengan kebutuhan pembaca / user. Jika ada masukan, kabari kami. Maka kami akan memberikan informasi yang kami ketahui mengenai topik yang Anda butuhkan.

 

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Kembangkan Bisnis?

Saatnya tingkatkan omset Anda dengan optimasi website 
marketing bersama Pendekar Digital
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram